Ilustrasi/Koaksi Indonesia
Ilustrasi/Koaksi Indonesia

Mendorong implementasi Green Jobs di Indonesia perlu didukung dengan membangun ekosistem yang mumpuni untuk semua kalangan. Salah satunya dengan membangun platform digital Greenjobs.id yang didedikasikan menjadi platform untuk semua orang dapat berkarier dan berkontribusi pada keberlanjutan lingkungan serta membuka jalan untuk kemajuan ekonomi. 

KOAKSI INDONESIA Sebagai pusat jejaring pengetahuan lintas organisasi, Koaksi Indonesia terus berupaya mendukung implementasi Green Jobs di Indonesia. Berbagai upaya dilakukan mulai dari penelitian, kampanye, dan advokasi terkait. Upaya ini diperkuat dengan keseriusan Koaksi Indonesia membangun platform Greenjobs.id. Sebuah platform yang dibangun sebagai ekosistem pendukung Pekerjaan Hijau di Indonesia, tidak sekadar pusat data dan informasi namun juga sebagai pusat berjejaring para pelaku Pekerjaan Hijau di Indonesia. Kehadiran Greenjobs.id akan memberikan kemudahan mengakses informasi mengenai Green Jobs sekaligus kemanfaatan ekonomi dari Pekerjaan Hijau.

Baca juga: Koaksi Indonesia: Penyedia Kerja Perlu Melek Green Jobs dari Sekarang!

Urgensi Ekosistem Green Jobs di Indonesia

Pada tahun 2022, Koaksi Indonesia telah melakukan penelitian terkait potensi Green Jobs di Indonesia, khususnya pada sektor energi. Dalam hasil penelitiannya yang berjudul Green Jobs dan Potensinya dalam Transisi Energi di Indonesia, Koaksi Indonesia menyebutkan sektor energi terbarukan memiliki potensi menciptakan lapangan pekerjaan langsung sekitar 432 ribu tenaga teknik pada tahun 2030 dan 1,12 juta tenaga teknik pada tahun 2050. Perhitungan tersebut didasarkan pada target Rencana Umum Energi Nasional (RUEN).

Selain dari sektor energi, terdapat sektor lain yang juga berpotensi menghasilkan pekerjaan hijau. Identifikasi ini dilakukan berdasarkan pada sektor yang menjadi target Pembangunan Rendah Karbon Indonesia atau yang biasa dikenal dengan Low Carbon Development Indonesia (LCDI), yaitu sektor kehutanan dan lahan gambut, pesisir dan kelautan, pertanian, transportasi, industri, dan limbah. Proyeksi penciptaan pekerjaan pada sektor tersebut adalah 15,3 juta hingga tahun 2045.

Berdasarkan kedua penelitian tersebut, potensi penciptaan lapangan kerja hijau yang besar ini harus segera disiapkan dari sekarang. Langkah strategis yang perlu disiapkan adalah membangun ekosistem yang membutuhkan partisipasi aktif dari berbagai pemangku kepentingan, mulai dari kementerian, masyarakat umum, akademisi, media massa, hingga sektor swasta. Selain itu, diperlukan media sosialisasi peluang Green Jobs khususnya bagi anak muda.

Greenjobs.id Sebagai Solusi

Saat ini telah banyak fitur pencarian kerja, pemelajaran elektronik, sertifikasi, konsultasi, penyajian data dan informasi yang tersebar di berbagai platform. Kondisi ini menyulitkan publik dalam memfilter dan menentukan platform yang akan mereka pilih untuk digunakan, apalagi belum ada platform yang menyajikan informasi tentang Pekerjaan Hijau secara khusus. Akibatnya, publik perlu berupaya lebih keras untuk menyatukan informasi yang tersebar di berbagai platform jika mereka ingin mengetahui Pekerjaan Hijau secara utuh.

Belum adanya satu platform yang menyajikan informasi dan data terkait Green Jobs di Indonesia secara utuh akan berdampak pada sulitnya mengembangkan kemampuan yang mengarah pada Pekerjaan Hijau, termasuk bagi kalangan difabel karena Green Jobs memiliki unsur inklusif. Selain itu, sulit merangkul pihak-pihak yang mendukung Pekerjaan Hijau karena belum terbangun ekosistem dan belum jelas cara memantau kemajuannya, khususnya di Indonesia.

Dari berbagai dampak di atas, Koaksi Indonesia memutuskan untuk merancang satu platform yang mengumpulkan dan memublikasikan data/informasi mengenai Pekerjaan Hijau di Indonesia secara terbuka, andal, dan dapat diakses publik. Hingga pada kegiatan Green Jobs Summit 19 Desember 2023 bertempat di AONE Hotel Jakarta, diluncurkanlah Greenjobs.id secara resmi oleh Koaksi Indonesia. 

Salah satu peserta Green Jobs Summit menunjukkan layar gawai yang menampilkan halaman Greenjobs.id
Salah satu peserta Green Jobs Summit menunjukkan layar gawai yang menampilkan halaman Greenjobs.id

Baca juga: Green Jobs Class #4: Berbagi Kiat Menemukan Peluang Green Jobs di Industri Arus Utama

Melalui Greenjobs.id, Koaksi Indonesia berupaya menjawab berbagai tantangan dalam mengimplementasikan Green Jobs di Indonesia dengan menyediakan informasi tepercaya, terbaru, dan andal tentang Pekerjaan Hijau di Indonesia. Selain itu, platform ini menyediakan informasi peningkatan kapasitas dan sertifikasi yang dibutuhkan untuk mengakses Pekerjaan Hijau, mempertemukan pencari dan penyedia, mendukung perkembangan serta membangun komunitas yang mendukung ekosistem.

Platform ini juga mengajak berbagai pihak untuk berpartisipasi aktif dalam mengembangkan konten dan berdiskusi dengan topik Pekerjaan Hijau. Dengan demikian, informasi dan data tentang Pekerjaan Hijau di Indonesia masuk ke satu platform digital, yaitu Greenjobs.id.

Fitur dalam Greenjobs.id

Meskipun Koaksi Indonesia secara resmi sudah meluncurkan Greenjobs.id pada Green Jobs Summit 2023, penyempurnaan platform ini masih terus dilakukan. Untuk beberapa saat ini, pengunjung hanya dapat mengakses fitur Informasi dan Data, Pemelajaran Elektronik, Peluang Kerja, dan Agenda Kegiatan. 

Tangkapan layar halaman beranda Greenjobs.id
Tangkapan layar halaman beranda Greenjobs.id

Informasi dan Data yang berkaitan dengan Pekerjaan Hijau di Indonesia, termasuk di dalamnya definisi, potensi, dan berbagai latar belakang pendorong tidak dapat ditunda lagi. Bagian ini mengajak para pengunjung website untuk mengenal lebih jauh tentang Pekerjaan Hijau.

Informasi lain yang disajikan berupa berita terkini, praktik baik, dan agenda kegiatan seputar Pekerjaan Hijau di Indonesia. Dengan mengakses halaman ini, pengunjung dapat memperbarui informasi terkait dengan Pekerjaan Hijau, melihat contoh dari para praktisi dan mengikuti beragam kegiatan yang berkaitan.

Pemelajaran Elektronik untuk mengasah kemampuan pengunjung agar dapat terjun ke Pekerjaan Hijau. Fitur ini tidak hanya memfasilitasi para pengguna yang baru memiliki keinginan berkecimpung di Green Jobs, tetapi juga peningkatan kompetensi (upskilling) dan pengembangan kompetensi baru dan atau mengubah kompetensi (reskilling).

Fitur Peluang Kerja akan mempertemukan pencari kerja dengan pemberi kerja. Pada fitur ini sektor swasta ataupun organisasi lain dapat terlibat sebagai institusi pemberi kerja sehingga Greenjobs.id dapat menjadi platform matchmaking antarkeduanya. Dengan adanya fitur ini, Koaksi Indonesia melakukan penyaringan lowongan pekerjaan yang masuk untuk memastikan pekerjaan yang sesuai dengan indikator Pekerjaan Hijau. 

Sementara itu, fitur Forum Diskusi, Sertifikasi, dan Konsultasi dengan para pakar masih dalam tahap penyempurnaan.

Koaksi Indonesia terus berupaya keras menyempurnakan website ini sehingga dalam waktu dekat Greenjobs.id dapat mulai berkontribusi secara nyata dan luas dalam mengimplementasikan Pekerjaan Hijau di Indonesia.

Baca juga: Green Jobs Workshop Yogyakarta: Semangat Bersama Menyambut Peluang Green Jobs

Register